SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil saat tampil di Citayam Fashion Week. (Instagram/@ridwankamil)

Solopos.com, SOLO-Ridwan Kamil minta Baim Wong untuk mencabut pendaftaran HAKI atas Citayam Fashion Week. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasari saran tersebut.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat itu melalui Instagramnya pada Senin (25/7/2022).  Dalam unggahannya, Gubernur Jawa Barat itu menasihati bahwa tidak semua hal harus dilihat dari sisi komersialnya. Seperti diketahui, Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week bersama sang istri, Paula Verhoeven, lewat perusahaan mereka yang bernama PT Tiger Wong Entertainment.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

“Dear Baim Wong dkk, Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial,” tulis Ridwan Kamil di Instagram, dikutip Senin (25/07/2022).

Sebelum meminta Baim Wong mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa gelaran fashion show itu merupakan gerakan organik yang harus dijaga agar tetap autentik. “Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula,” tambahnya

Baca Juga: Ini Alasan Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week

Ridwan Kamil juga tidak setuju jika Citayam Fashion Week menjadi formal dan dimewahkan.  “Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” tutur Ridwan Kamil lagi.

Menurutnya, biarkan fashion show tersebut tetap di jalanan, bukan di mal atau di podcast. “Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional,”  tulisnya.

Ridwan Kamil berpendapat biarlah Citayam Fashion Week tetap dengan ikon ikoniknya. “Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture.  Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur,” tulisnya.

Baca Juga: Baim Wong Daftarkan Citayam Fashion Week Tuai Hujatan Warganet

Menurutnya jika gelaran tersebut ingin dibuat organisasi maka biarlah semua itu diurus oleh komunitas tersebut, bukan orang luar. “Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.  Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini,” tuturnya.

Karena itu Ridwan Kamil menyarankan Baim Wong untuk mencabut pendaftaran HAKI atas Citayam Fashion Week tersebut. “Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun,” tulisnya.

Baca Juga: Deretan Artis Ini Meriahkan Citayam Fashion Week, Siapa Saja?

Sekadar mengingatkan Gubernur Jawa Barat ini juga pernah melakukan catwalking dalam Citayam Fashion Week. Aksinya tersebut diunggahnya melalui video singkat di Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya