SOLOPOS.COM - Pergelaran Rock in Solo 2012 (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Festival tahunan musik rok Rock In Solo (RIS) yang rencananya digelar 2-3 November mendatang tergusur dari venue semula di Benteng Vastenburg. Panitia sedang mempersiapkan Lapangan Kota Barat sebagai panggung baru bagi Behemoth, Hour Of Penance, dan puluhan band metal lainnya.

Ketua Penyelenggara RIS 2013, Stephanus Adjie, mengatakan rencana penggunaan Benteng Vastenburg sebagai lokasi penyelenggaraan RIS 2013 terpaksa diganti. Pada awal November, kompleks benteng tua itu dipakai untuk persiapan Soloraya Creative Expo 2013.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Pekan lalu kami diundang oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, terkait pembatalan lokasi penyelenggaraan RIS 2013. Ternyata lokasi Benteng Vastenburg sedang digunakan untuk persiapan Soloraya Creative Expo yang rencananya digelar pada 20-24 November mendatang,” kata Adjie ketika berbincang dengan Solopos.com di The Think Organizer, Senin (30/9/2013) siang.

Selepas menerima kabar pembatalan lokasi penyelenggaraan RIS 2013, panitia telah membidik sejumlah lokasi penyelenggaraan. Melalui berbagai pertimbangan, akhirnya mereka menetapkan Lapangan Kota Barat sebagai tempat penyelenggaraan RIS 2013.

“Kami sudah mempertimbangkan sejumlah venue seperti Stadion Sriwedari, Gelora Manahan, dan Lapangan Kota Barat. Dari beberapa alternatif pilihan tersebut, [kami] diberi izin di Lapangan Kota Barat. Saat ini izin dari dinas terkait sudah terbit. Tinggal menunggu lampu hijau dari Wali Kota,” ujarnya.

Pemindahan lokasi itu tidak berdampak terhadap konsep penataan panggung. Adjie mengatakan pihaknya hanya mengganti beberapa spesifikasi teknis penyelenggaraan acara yang akan digelar selama dua hari itu. “Konsep acaranya tidak berubah. Hanya spesifikasinya diganti menyesuaikan tempat. Dulunya kami membuat booth dan stand sebanyak 50, saat ini hanya 20 karena tempatnya terbatas. Panggung ukuran tetap kami buat 16 m x 12 m dengan kapasitas suara 40.000 watt,” bebernya.

Pemindahan lokasi ini dinilai tidak berdampak buruk bagi penyelenggaraan RIS 2013. Justru menurut Adjie, lokasi baru pesta akbar metalhead ini lebih representatif dibandingkan kawasan Benteng Vastenburg. “Penonton yang datang ke tempat ini lebih nyaman karena tidak ada debu. Sudah ada tribun juga,” katanya.

Potensi kemacetan lalu lintas selama penyelenggaraan RIS 2013 di lokasi baru juga telah dipikirkan oleh panitia. Karena diperkirakan bakal menyedot 10.000 penonton tiap hari ini, Adjie mengatakan segera membahas pengaturan lokasi bersama Dishubkominfo Kota Solo.

“Penyelenggaraan acara itu berbarengan long weekend karena aktivitas dimulai pukul 13.00 WIB. Kemungkinan tidak mengganggu aktivitas sekolah dan sekelilingnya. Kami sudah mempersiapkan beberapa skenario terkait parkir agar tidak mengganggu lalu lintas,” pungkasnya.

Panggung RIS ketujuh ini bakal digebrak penampilan 24 band cadas dari berbagai kota secara bergantian. Behemoth, band black metal asal Polandia, serta Hour Of Penance dari Italia, dipilih sebagai headliner dan diandalkan menjadi daya tarik festival ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya