SOLOPOS.COM - Bruce Jenner menjadi Caitlyn Jenner di sampul majalah Vanity Fair (Twitter.com)

Sensasi artis Bruce Jenner yang ganti kelamin menuai protes dari netizen lewat sebuah petisi online.

Solopos.com, LOS ANGELES – Bruce Jenner, yang kini dikenal dengan nama Caitlyn, mengumumkan identitas barunya pada publik dengan tampil di majalah Vanity Fair. Ayah tiri Kim Kardashian tersebut mengaku saat ini merasa jauh lebih baik dari pada sebelumnya.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Bahkan, Caitlyn merasa lebih baik dan lega setelah mengubah kelaminnya menjadi wanita jika dibandingkan ketika menerima dasalomba atau decathlon pada Olimpiade 1976 di Montreal.

“Hari ketika menerima medali emas adalah sebuah hari yang sangat baik. Namun beberapa hari belakangan ini rasanya lebih baik lagi,” ungkap Caitlyn seperti dikutip dari Mirror, Rabu (3/6/2015).

Pernyataan ini rupanya berbuntut panjang. Kini muncul sebuah petisi yang meminta pihak Komite Olimpiade Internasional untuk mencabut medali emas yang pernah diterima oleh Caitlyn sebelum bertransformasi.

Caitlyn pernah membawa pulang medali emas dalam perlombaan dasalomba atau decathlon pada Olimpiade 1976 di Montreal ketika dirinya masih menjadi Bruce. Namun menurut Jennifer Bradford, yang membuat petisi tersebut, menganggap ayah tiri Kim Kardashian tersebut melanggar aturan komite.

“Belum lama ini penerima medali emas Olimpiade, Bruce Jenner, adalah seorang transgender dan mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang wanita. Hal ini kemudian memicu munculnya sebuah masalah karena Ms Jenner mengklaim dirinya adalah seorang wanita, sehingga dianggap melanggar aturan karena seorang wanita mengikuti perlombaan di olahraga khusus pria,” ujar Jennifer dalam surat terbuka, Kamis (4/6/2015).

Tak hanya ditujukan kepada Komite Olimpiade Internasional, Jennifer juga berharap Caitlyn menyadari posisinya dan dengan berlapang dada mengembalikan medali emas yang pernah diterimanya.

“Kami meminta Ms Jenner agar mendukung komunitas transgender dengan mengembalikan medali emas yang pernah diraihnya karena saat ini jenis kelaminnya sudah berubah. Terimakasih dan selamat untuk Ms Jenner atas keberaniannya! #givebackthegold,” tutupnya.

Setelah petisi tersebut dirilis, tak sedikit fans dan pendukung Caitlyn yang marah dan tak terima. Walaupun begitu, hingga kini sudah terkumpul sebanyak ribuan tanda tangan yang ditandatangani secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya