SOLOPOS.COM - Si Unyil versi animasi (Detik.com)

Serial aninasi Si Unyil digarap di Solo.

Solopos.com, SOLO – Petualangan Si Unyil dalam bentuk animasi segera menyapa masyarakat Indonesia. Penggarapan serial ini melibatkan studio-studio di beberapa kota yang dinilai mampu menjadi pusat penggarapan animasi, antara lain Bali, Bandung, Yogyakarta, dan Solo.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Salah satu studio yang dipercaya untuk menggarap serial animasi Petualangan Si Unyil adalah Monimonki Studio di Solo. Studio animasi yang  terletak di pinggiran kota ini, mulai sibuk mengerjakan lima judul dari total 26 judul serial Petualangan Si Unyil.

Produser Monimonki Studio, Ferry Siswanto, menjelaskan serial Petualangan Si Unyil dibuat atas kerja sama Perum Produksi Film Negara (PFN) dan PT. Telkom. Monimonki Studio mendapat lima judul film, sedangkan sisanya digarap oleh studio lainnya di Bali, Bandung, dan Yogyakarta.

“Para animator di Monimonki Studio berasal dari wilayah Solo dan sekitarnya dengan beragam latar belakang pendidikan SMA hingga Sarjana,” kata Ferry, Jumat (4/11/2016).

Menurutnya, produksi serial animasi skala nasional yang melibatkan studio di Solo itu sebagai indikator Solo memiliki potensi besar untuk dikembangkan industri animasi.

“Masyarakat Solo memiliki akar yang kuat dalam hal kreatifitas dan berkesenian, ini merupakan modal dasar dalam mengembangkan industri kreatif untuk sub sektor animasi,” imbuhnya.

Sementara itu, CEO Manimonki Studio, Yudhatama, memaparkan serial animasi Petualangan Si Unyil merupakan sebuah serial keluarga yang mengetengahkan nilai-nilai persahabatan, kesetiakawanan, dan keriangan dunia anak-anak. Cerita yang diambil berasal dari peristiwa sehari-hari yang dikemas secara cerdas dan diharapkan bisa menginspirasi anak-anak Indonesia untuk melakukan hal-hal yang positif.

Namun, pihaknya mengalami kendala terkait kesediaan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan handal. “Tentunya ini bisa diatasi dengan keterlibatan pemerintah kota  agar industri animasi di kota Solo bisa lebih cepat tumbuh dan bersaing dengan kota-kota lain dalam sektor ekonomi kreatif, ” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya