SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pergelaran Solo International Ethnic Music (SIEM) 2012 rencananya akan diikuti delapan delegasi asing dari seluruh dunia. Sementara lima delegasi sudah mengonfirmasi kehadirannya dalam ajang yang lahir tahun 2008 tersebut.

Kurator SIEM 2012, Rizaldi Siagian, saat berbincang dengan Espos di Hotel Sahid Jaya Solo, Jumat (17/2/2012), menyebut pihaknya sedang intens berkomunikasi dengan calon partisipan asing SIEM 2012.
Seperti diberitakan, sudah ada 37 delegasi asing yang melamar untuk tampil dalam SIEM. “Hingga sekarang, empat delegasi mancanegara sudah dipastikan hadir. Mereka datang dari Rumania, India, Amerika Serikat dan Singapura,” ujarnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Diungkapkan Rizal, seluruh partisipan asing yang tampil di SIEM bersedia merogoh koceknya sendiri. Panitia, imbuhnya, hanya menyediakan akomodasi dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Solo. “Ini pendekatan yang kami tekankan dalam SIEM. Jangan sampai festival hanya jadi ajang buang-buang uang. Malah sebisa mungkin SIEM membangun ekonomi kreatif warganya,” tutur etnomusikolog jebolan San Diego University ini.

Terkait kriteria pemilihan penampil asing, pihaknya mengaku terbuka dengan semua budaya yang diusung tiap negara. SIEM, imbuhnya, tak membuat dikotomi budaya tinggi-budaya rendah atau semacamnya. “Di sini kami sangat demokratis. Semua permintaan yang masuk akan dipelajari.”

Rizal memaparkan, dalam dua pekan ini pihaknya akan mempelajari penawaran delegasi dari Prancis, Afrika dan Turki. Jika lancar, Rizal akan mengajak ketiga negara itu untuk mengisi SIEM yang digelar 4-8 Juli mendatang. “Target kami, tiga pekan ke depan semua (penampil) sudah fix,” katanya.

Untuk penampil lokal, pihaknya sudah mengonfirmasi kehadiran seniman seperti Slank, Balawan, Dedek Wahyudi, Vokal Beluk Musik Bambu Jawa Barat dan Ferry Herdianto. JIBI/SOLOPOS/Chrisna Chanis Cara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya