SOLOPOS.COM - Capture permintaan maaf Pevita Perace (Istimewa/Instagram/@lambe_turah)

Pevita Pearce meminta maaf usai mengunggah foto lukisan yang dianggap melecehkan Soekarno di Instagram.

Solopos.com, SOLO – Beberapa hari yang lalu, artis cantik Pevita Pearce menuai kecaman warga dunia maya (netizen) usai mengunggah foto lukisan Soekarno dengan sang istri, Ratna Sari Dewi, tanpa busana di akun Instagram pribadinya, @pevpevita. Beberapa jam setelah diunggah, foto tersebut dibanjiri kecaman netizen yang menganggap Pevita melecehkan sosok Soekarno.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Setelah menuai berbagai cibiran, pemeran Hayati dalam film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck itu pun mehapus foto tersebut. Bukan hanya itu saja, ia juga memberikan klarifikasi atas foto lukisan kontroversial yang diunggahnya.

Permintaan maaf itu disampaikan Pevita melalui unggahan Instagram story, Minggu (12/3/2017). Ia meminta maaf kepada seluruh pihak yang tersakiti oleh foto lukisan karya Ronald Manullang itu. Ia mengaku tidak ingin melecehkan sosok proklamator Indonesia itu.

“Kemarin aku memposting foto Soekarno dan istrinya (tidak memakai busana) bukan berarti aku bermaksut untuk melecehkan. Tetapi untuk beberapa orang yang memahami seni mungkin akan tersakiti. Dengan itu aku minta maaf karena sama sekali tidak menghargai alm. Bapak Soekarno. Sekali lagi saya minta maaf,” tulis Pevita.

Menurut Pevita, lukisan semacam itu kerap dilihatnya di Museum Louvre, Paris, Prancis. Ia lupa jika adat dan budaya Indonesia berbeda jauh dengan bangsa Eropa yang lebih bebas.

“Karena saya terbiasa melihat lukisan di Louvre dan saya jadi lupa bahwa adat timur sangat berbeda dengan adat barat. Sekali lagi, saya minta maaf untuk orang yang tersinggung, karena saya manusia yang juga tidak luput dari kesalahan. Tidak ada niat buruk dari post lukisan yang sudah saya hapus. Terima kasih,” tutup Pevita.

Unggahan permintaan maaf Pevita yang di-capture dan diunggah kembali oleh akun Instagram gosip, @lambe_turah, itu pun sontak menuai beragam komentar netizen. Meski telah meminta maaf, beberapa dari mereka tetap saja mencibir Pevita.

“Kebiasaan Pevita selalu mencampur budaya timur dan barat, sebelumnya juga pernah waktu pakai baju yg tidak seharusnya dipake di Indonesia, wkt premier Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Trus minta maaf, eh sekarang terulang lagi. Tidak belajar dari kesalahan,” cibir @elshopeverything.

“Mo seni atau enggak cuma pantes ga sih sekelas presiden majang foto bugil istrinya. Buat yg ngrasa pantas ya udah itu hak lo, buat yang enggak ngrasa pantes hak lo juga. Intinya sih menurut gw majang ky gt ganggu,” imbuh @erni_.

Sementara itu, beberapa netizen lainnya merasa senang dengan permintaan maaf Pevita. Menurut mereka, sosok artis yang berani mengakui kesalahan dan meminta maaf pada publik layak dijadikan contoh.

“Indonesia rada complicated mbak Pev. Minta maaf lebih baik daripada ribet. Salutlah sama mbaknya,” tulis @sebutnamakumawar.

“perlu dicontoh buat artis2 lain. Kalo salah ya minta maaf. Jangan udah salah masih ngotot ngerasa bener,” sambung @saadahsyalala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya