SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gramy Award tahun ini menunjukkan fenomena Adele yang mampu merajai tangga lagu hanya dengan one hits. Di mana-mana orang merequest Someone Like You di berbagai radio, termasuk di Solo. Hmmm…sebenarnya enggak Cuma lagu galau macam Someone Like You saja yang banyak diminta para Sobat Gaul pencinta radio.

Ada cukup banyak musisi lain yang menampilkan single-single menarik. Kalau tahun lalu musik-musik bergenre hip hop sukses merajai tangga lagu, beda banget dengan sekarang. Banyak yang menyebut semua ini gara-gara si Adele yang mematahkan dominasi hip hop di seluruh dunia.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“RnB kembali naik, lagu-lagu hip hop seperti milik Justin Bieber kesikat semua sama Adele. Munculnya Adele juga kembali mengangkat lagu-lagu di luar hip hop, seperti lagu berirama country milik Taylor Swift yang ikut naik,” kata kata Music Director Solo Radio, Felani Hade Widakdo, ketika ditemui Espos di Solo Radio, Rabu (22/2).

Maka enggak heran jika Adele mampu menyabet enam penghargaan dalam ajang tahunan Grammy tahun ini. Tapi untungnya persaingan itu kembali ketat setelah beberapa single mampu mencuri perhatian. Misalnya aja Justin Bieber (JB) yang meluncurkan Mistletoe menjelang Natal lalu. Di beberapa radio, Mistletoe sudah bertahan sampai tiga bulan di chart lokal Solo. Di Solo Radio, lagu ini sempat beberapa kali nangkring di tangga lagu teratas. Selamat ya buat para Beliebers.

Cuma sekarang Mistletoe udah kembali tergeser sama Eternal dari Anggun, Mercenary dari Panic at The Disco atau bahkan sama single Hit The Lights dari Selena Gomez.

Tampaknya persaingan makin seru setelah single kedua Adele, Set Fire To The Rain, juga meluncur di radio-radio. Di Prambors FM ini adalah salah satu lagu yang paling kenceng diputar dan direquest oleh penggemar musik pop di Solo.

“Domino dari Jesse J dan Set Fire To The Rain-nya Adele sedang naik daun. Begitu pula Selena Gomez yang juga naik. 2012 ini sedang trennya para Soloist,” kata Program Director Prambors FM Solo, Annas Habibi.

Tapi Jesse dan Adele pun masih harus bersabar untuk bisa nangkring lagi di peak of chart. Pekan ini chart masih dikuasai oleh Anggun dan Panic At The Disco. Di chart Solo Radio, Adele malah belum nongol lagi di chart dan diperkirakan baru akan masuk beberapa pekan lagi.

Solo Masih Metal

Bicara tentang Grammy Award tentu enggak bisa lepas dari Billboard Hot 100 yang merupakan tangga lagu teratas di Amerika Serikat. Tapi bukan cuma Billboard, popularitas lagu dan artis di seantero dunia juga menentukan sukses tidaknya di Grammy.

“Yang masuk Grammy itu patokannya Billboard dan pasti sama dengan yang di radio-radio,”

Tapi menurut Felani, penggemar musik di Solo tetap beda dari yang lain. Kalau di mana-mana sedang demam Adele atau JB, di Solo demam itu enggak sampai membuat musik lain tergusur. Karakter anak muda Solo memang dikenal enggak pernah lupa sama musik-musik rock. Tapi bukan sembarang rock loh, karena grup rock populer seperti You Me At Six pun enggak banyak disukai.

“Kemarin You Me At Six di Jogja kan rame, tapi pas ke Surabaya malah sepi. Aku yakin kalau mereka ke Solo juga bakal sepi. Di Solo itu rocknya bukan yang kaya gitu, tapi yang evergreen,” kata Felani.

Maka jangan heran ya kalau kota ini tetap ngerock meskipun jarang banget lagu rock yang berhasil masuk chart. Apalagi penggemar rock juga enggak seperti para Beliebers yang rajin SMS ke radio-radio buat rikues lagu.

Adib Muttaqin Asfar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya