SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Survei KPI memberikan hasil penilaian tayangan yang berkualitas.

Solopos.com, SOLO – Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode keempat (September-Oktober 2015) yang digelar oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan sembilan perguruan tinggi negeri di sembilan kota di Indonesia menunjukkan hasil survei program TV yang paling berkualitas.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Dari empat kali survei yang dilakukan oleh KPI, indeks yang diperoleh pada survei pertama (Maret-April) sebesar 3,25, survei kedua (Mei-Juni) sebesar 3,27, survei ketiga (Juli-Agustus) 3,59 dan survei keempat (September-Oktober) 3,42. Hasil ini menunjukkan, kualitas program siaran televisi masih di bawah indeks standar yang ditetapkan KPI, yakni 4.

Pada survei periode ini sebagaimana dilansir kpi.go.id, Senin (30/11/2015), responden juga diminta KPI untuk menilai program acara yang berkualitas dari program yang pernah ditonton dalam sebulan terakhir. Hasilnya, ada sepuluh program yakni Mata Najwa, Kick Andy, Liputan 6 Petang, Seputar Indonesia, My Trip My Adventure, Indonesia Lawyer Club, Laptop Si Unyil, Damai Indonesiaku, Ini Talkshow, dan Olimpiade Cerdas Indonesia.

Dari sepuluh program televisi yang dinilai berkualitas oleh masyarakat dapat dilihat bagaimana masyarakat mengapresiasi program siaran TV di Indonesia. Selanjutnya, KPI berharap program-program berkualitas yang juga diminati oleh masyarakat ini dapat diproduksi dengan lebih massif. Dengan demikian muatan televisi dapat sejalan dengan arah dan tujuan diselenggarakannya penyiaran, seperti yang disebut dalam Undang-Undang Penyiaran, dan orientasi program siaran teelvisi bukan lagi sekedar mencari popularitas tapi juga mengedepankan kualitas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya