SOLOPOS.COM - Ilustrasi, wayang orang (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi, wayang orang (JIBI/SOLOPOS/dok)

Gawe besar siap dihelat Wayang Orang (WO) Sriwedari menyambut hari jadinya yang ke-102, Selasa (12/7/2012)-Kamis (19/7) mendatang. Bertempat di Gedung WO Sriwedari, publik Solo siap dipuaskan dengan pentas Wayang Orang Gabungan yang melibatkan Sanggar Bharata Jakarta, Sanggar Ngesti Pandawa Surabaya dan WO RRI Solo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Widdi Srihanto, selama tiga hari penonton akan diberi sajian yang berbeda. Di hari pertama, imbuhnya, lakon Gareng Dadi Guru siap membuka pergelaran. “Hari kedua ada Gatotkaca Pinilih. Sementara hari terakhir Punawakan Tandang. Semua pentas dimulai pukul 20.00 WIB dan gratis,” tuturnya dalam jumpa pers di Gedung WO Sriwedari, Senin (16/7).

Widdi menambahkan, pergelaran tersebut akan dimeriahkan 75 pemain di tiap pentasnya. Dalang kawakan Ki Warseno Slenk, imbuhnya, siap menjadi bintang tamu pentas tersebut. “Nanti seniman-seniman Solo juga ikut ambil bagian.”

Koordinator WO Sriwedari, Agus Prasetyo, mengatakan ketiga lakon yang disajikan memiliki pesan tersendiri. Gareng Dadi Guru,
imbuhnya, berisi kritik sosial tentang pemimpin yang lupa menanggalkan baju kebesarannya di saat tertentu. Sementara Gatotkaca Pinilih, lanjut dia, menjadi refleksi keberhasilan Joko Widodo dalam pertarungan menuju DKI 1.

“Kami harap pentas ini semakin mendekatkan WO Sriwedari kepada masyarakat Solo,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya