SOLOPOS.COM - Voca Erudita (JIBI/SOLOPOS/dok)

Voca Erudita (JIBI/SOLOPOS/dok)

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap kembali menorehkan prestasi. Dalam Bali International Choir Festival (BICF) 2012 yang digelar di Denpasar, 6-9 Agustus mendatang, Voca Erudita membidik gelar grand champion.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Keyakinan itu diungkapkan Ketua Voca Erudita, Karmelita Agni Ayu Pratiwi. Ditemui di Grha Unit Kegiatan Mahasiswa UNS, Rabu (1/8), perempuan yang akrab disapa Tiwi ini bercerita tentang persiapan kelompoknya. “Kami sudah latihan sejak enam bulan lalu. Sekarang sudah 95%. Target kami tentu melebihi capaian tahun kemarin,” ujarnya.

Pada gelaran tahun lalu yang bernama Bandung International Choir Competition, Voca Erudita meraih Juara 1 kategori pop jaz. Tiwi menerangkan, meski berpredikat Juara 1, kelompoknya belum berhak meraih medali emas. “Kami dapat silver. Paduan suara lain juga tidak ada yang dapat emas karena standar juri memang sangat tinggi,” jelasnya.

Lantaran hal itu, kelompoknya berambisi memecahkan standar juri yang notabene berasal dari Amerika, Swedia, Indonesia dan beberapa negara lain tersebut. Tahun ini, imbuhnya, Voca Erudita berpartisipasi di tiga kategori yakni folklore, pop jaz dan mix choir. Untuk folklore, Voca Erudita akan membawakan Ondel-ondel dan Toki Tifa. Sementara di pop jaz, sambungnya, Voca memajukan Roman Picisan dan Cilikon Carne. “Untuk mix choir kami membawakan Gloria III dan Jaglied, sebuah lagu dari Jerman,” urainya.

Dari segi kostum, Voca Erudita menggamit busana yang sesuai dengan karakter lagu. Kategori folklore misalnya, Voca Erudita akan mengenakan busana daerah kombinasi Ambon dan Jakarta. Voca, imbuhnya, juga akan mengenakan busana khas Solo, batik, di kategori pop jaz. Sementara gaun dipilih untuk mempercantik pentas mix choir.

Di samping membidik gelar juara, Voca membawa misi tersendiri. Diungkapkan Tiwi, Voca adalah satu-satunya paduan suara di Jawa Tengah yang berpartisipasi di kategori pop jaz dan mix choir. Ia berharap keikutsertaan Voca dapat memantik paduan suara lain di Jateng untuk turut eksis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya