SOLOPOS.COM - Waldjinah (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO–Selepas menyumbangkan suaranya dalam konser mengenang Andjar Ani pada Oktober 2013 lalu, penyanyi keroncong Waldjinah jarang kelihatan tampil di depan publik. Rupanya pelantun lagu Walang Kekek ini terbaring sakit di kediamannya sejak akhir Januari 2014 lalu.

Waldjinah didiagnosis menderita gangguan lambung dan menjalani perawatan medis di rumahnya yang terletak di Jl. Parang Cantel No 31, RT 004/RW 002, Kelurahan Mangkuyudan, Kecamatan Laweyan, Solo. Setelah hampir sebulan menjalani perawatan, kondisinya kini berangsur-angsur membaik.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

“Tempo hari tekanan darahnya sempat naik dan mengeluh pegal-pegal, tapi setelah mendapatkan terapi accupressure dan refleksi, kondisinya sudah membaik. Ibu sudah mau makan walaupun sedikit. Sudah mau jalan-jalan di dalam rumah juga,” terang Ari Mulyono, putra keempat Waldjinah, saat ditemui di kediaman Ratu Keroncong ini pada Kamis (20/2/2014).

Setelah dinyatakan sembuh dari penyakit infeksi usus pada 2012 lalu, Waldjinah telah aktif kembali di dunia hiburan. Penyanyi kelahiran 7 November 1945 ini tercatat dua kali tampil di luar negeri tahun lalu. Pada Juni 2013 lalu dirinya diundang memeriahkan Tong Tong Fair di Belanda. Kemudian pada September, dirinya ke Suriname untuk memenuhi undangan menyanyi.

Melihat kondisi ibunya yang sudah tak lagi prima, putra-putri Waldjinah berharap ibunya legawa pensiun dari panggung hiburan di luar Kota Solo. “Anak-anaknya sendiri sudah berharap ibu untuk pensiun. Beberapa waktu lalu juga kami menolak tawaran, takut mengecewakan. Biar banyak istirahat dulu saja,” tutur Ari.

Ari menuturkan saat harus melakoni pentas di luar kota, ibundanya memang sudah kerepotan. Namun saat Waldjinah kondisinya sudah prima, imbuhnya, keluarga mengaku tak keberatan jika ibunya sesekali mengikuti latihan keroncong atau menghadiri acara di dalam kota.

“Kalau disuruh berhenti total tentu berat. Tapi kalau ikut latihan keroncong di rumah tak apalah. Rencananya kami akan mengadakan latihan keroncong di rumah setelah ibu benar-benar sehat nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, kabar sakitnya Waldjinah telah melahirkan empati dari banyak pihak. Tak terkecuali bagi para politisi yang akan bertarung di Pileg dan Pilpres 2014. Capres Hanura, Wiranto dan Caleg PPP, Angel Lelga, telah membesuk penerima Lifetime Achievement dari ajang AMI Award 2013 ini.

“Pak Wiranto dan Mbak Angel Lelga sudah bergiliran membesuk ke sini beberapa waktu yang lalu,” ungkap Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya