Pakai Adat Jawa, Begini Sakralnya Resepsi Pernikahan Rizal Armada di Solo

Prosesi dalam resepsi pernikahan Tsandi Rizal Adi Pradana (Rizal Armada) dan Monica Imas Pandansari di Central Garden Lorin Hotel Solo, Kamis (28/6 - 2018) malam. (Solopos/Ika Yuniati)
28 Juni 2018 21:15 WIB Ika Yuniati Entertainment Share :

Solopos.com, SOLO -- Vokalis Armada Band Tsandi Rizal Adi Pradana ata Rizal Armada, 32, resmi menikahi kekasih hatinya Monica Imas Pandansari, 27, Kamis (28/6/2018), di Solo. Seperti mimpinya, Rizal Armada senang akhirnya bisa menikah di Solo dengan prosesi adat Jawa.

Proses pernikahan Rizal Armada-Monica Imas dimulai dari pasrah pinampi, pemberian tirta wening (air bening), serta sungkeman saat akad nikah di Masjid Agung. Dilanjutkan serangkaian prosesi pernikahan adat Jawa saat malam resepsi di Central Garden Lorin Hotel Solo Kamis malam.

Mengenakan pakaian pengantin Solo, Rizal dan Monica tampak menawan saat malam resepsi. Satu per satu prosesi pernikahan selesai, mulai upacara panggih, krobongan, dan kacar kucur. Nuansa etnik berpadu dengan gaya rustic dari desain pelaminan dan meja standing party.

“Masjid Agung ini favorit saya di Solo. Bentuk bangunannya, sejarahnya, bikin saya pengin nikah di Solo. Saya senang dengan Budaya Jawa kebetulan dulu pernah tinggal di Solo,” kata Rizal Armada saat ditanya kenapa memilih Solo dan prosesi adat Jawa.

Prosesi pernikahan Rizal Armada-Monica Imas ditangani dua Wedding Organizer (WO) sekaligus. Yaitu WO Chandira dari Jakarta dan SamaraDana Organizer dari Solo. Band pendukung, MC akad nikah, penari, dan soundsystem juga menggunakan vendor dari Solo. Sementara gaun pengantin dan make up dipilih dari Jakarta.

Founder SamaraDana Organizer, Anna Marita, seusai prosesi akad nikah mengatakan awalnya hanya menggunakan sebagian prosesi adat Jawa. Namun akhirnya menggunakan adat Jawa lengkap. Tamu undangan diperkirakan sekitar 1.000 – 1.500 orang.

Dia mengatakan tak ada tema khusus untuk kostum para tamu. Namun secara konsep dekorasi menggunakan perpaduan adat Jawa dan gaya rustic.

Sejumlah selebritas, terutama para penyanyi terlihat di acara akad maupun saat resepsi. Mereka di antaranya solois Anji Manji, Ifan vokalis Seventeen, Ifan Govinda, Said Bajuri, dan para personel Armada Band.