Hadiri Wisuda Anak, Mat Solar Pakai Kursi Roda

Nasrullah alias Mat Solar saat mendampingi putranya, Mikhail Ali Shidqi, saat wisuda di kampus ITS, Surabaya, Jatim, Sabtu (15/9 - 2018). (Its.ac.id)
17 September 2018 15:10 WIB Ginanjar Saputra Entertainment Share :

Solopos.com, SURABAYA — Kabar menyenangkan datang dari artis yang namanya sudah lama tak terdengar, yaitu Mat Solar. Terbaru, pria yang memiliki nama asli Nasrullah itu diketahui mendampingi putranya, Mikhail Ali Shidqi, yang mengikuti wisuda di Institut Sepuluh Nopember (ITS), Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (15/9/2018).

Kehadiran Mat Solar pada wisuda itu menyita perhatian Rektor ITS, Prof Joni Hermana. Dikutip dari laman resmi salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) itu, sang rektor merasa terharu dengan kehadiran Mat Solar.

Menurutnya, Mat Solar adalah orang tua bertanggung jawab karena bersedia mendapingi putranya wisuda meski dalam keadaan sakit "Ini adalah contoh orang tua yang sangat baik dalam melaksanakan tanggung jawabnya," tutur guru besar Teknik Lingkungan ITS tersebut.

Nasrullah alias Mat Solar (di kursi roda) mendampingi putranya, Mikhail Ali Shidqi, saat wisuda di kampus ITS, Surabaya, Jatim, Sabtu (15/9/2018). (Its.ac.id)

Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Sistem Perkapalan ITS Surabaya, putra Mat Solar termasuk mahasiswa berprestasi. Tergabung dalam tim Marine Solar Boat, Mikhail Ali Shidqi mampu berkontribusi untuk merancang perahu bertenaga surya. Bahkan, perahu yang bernama Jalapatih karya timnya sempat meraih juara III dalam Solar Boat Competition 2018 di Belanda, belum lama ini.

Menanggapi kelulusan putranya, pria yang terkenal sebagai tokoh Bajuri dalam serial Bajaj Bajuri mengungkapkan masa depan lulusan teknik sistem perkapalan bergantung kepada ilmu dasar yang telah diajarkan. "Apabila dasar ilmu perkapalan sudah menguasai, para lulusan bisa untuk bepfikir mengenai masa depan mereka," ujar Mat Solar yang hadir dengan duduk di atas kursi roda.

Menurutnya, sumber daya manusia di bidang perkapalan sangat banyak. Oleh sebab itu program pemerintah tentang laut harus segera terealisasi dengan cepat dan benar. “Wisudawan ini memiliki banyak pengetahuan tentang pemanfaatan sumber daya laut, sangat rugi apabila tidak bisa diimplementasikan pada negara Indonesia,” ungkap Mat Solar.

Menurut Mat Solar, ITS merupakan perguruan tinggi yang telah berkontribusi banyak di bidang kemaritiman. Contoh kecilnya adalah adanya PT PAL yang dibangun BJ Habibie. "Habibie membangun PT PAL karena ada kampus ITS, kampus yang juga dikenal sebagai kampus maritim," imbuh pria yang juga pernah menjadi bintang utama di sinetron Tukang Bubur Naik Haji itu.

Kabar artis yang disampaikan di laman resmi ITS itu juga disertai foto-foto Mat Solar. Pada foto yang dipublikasikan, Mat Solar tampak segar dengan duduk di kursi roda. Namun raut muka Mat Solar menunjukkan usianya sudah tak lagi muda.