SOLOPOS.COM - Perwakilan Kedutaan Besar Cina di Indonesia berfoto dengan para juara kategori dewasa pada kontes menyanyi bahasa Mandarin Cultures of China Water Cube Cup Indonesia 2024 di Jakarta, 19 Mei 2024. (Antara/Xinhua/Abdul Azis Said)

Solopos.com, JAKARTA – Empat penyanyi wanita akan mewakili Indonesia di ajang Cultures of China Water Cube Cup 2024, kompetisi menyanyi lagu bahasa Mandarin tingkat dunia yang akan digelar di Cina dalam waktu dekat. Mereka terdiri atas dua penyanyi dewasa dan dua penyanyi remaja.

Kompetisi ini terdiri dari dua kategori, yakni dewasa dan remaja, dengan juara pertama dan kedua dari masing-masing kategori akan mewakili Indonesia di panggung internasional. Babak kualifikasi internasional dijadwalkan dimulai pada awal bulan depan, sedangkan babak final akan berlangsung dari Juli hingga Agustus 2024.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin (BKPBM) Jakarta, koordinator Water Cube Cup untuk perwakilan Indonesia, menyebutkan bahwa jumlah pendaftar untuk seleksi nasional mencapai sekitar 150 orang dari 16 provinsi.

Namun, hanya ada 20 peserta dewasa dan 25 peserta remaja yang lolos ke panggung final nasional yang digelar di Jakarta pada Minggu (19/5/2024).

“Kami ingin anak muda Indonesia lebih banyak yang bisa sampai ke panggung internasional melalui kompetisi menyanyi bahasa Mandarin sekaligus mengharumkan nama negara,” ujar Ketua Pelaksana BKPBM Arifin Zain, dikutip Solopos.com dari Antar Selasa (21/5/2024).

Menurutnya, kontes menyanyi ini juga menjadi kesempatan untuk mempromosikan secara lebih luas pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia.

Penyanyi asal Jakarta Lycia Cendrasyca meraih juara pertama untuk kategori dewasa. Lycia sukses meraih skor tertinggi dibandingkan belasan finalis lainnya berkat suara merdunya saat membawakan salah satu lagu dari penyanyi senior Pan Meichen.

Meski menyanyi sudah menjadi aktivitas hariannya, Lycia mengaku dirinya membutuhkan latihan selama sekitar satu bulan untuk mempersiapkan diri sampai ke panggung final nasional. Dia juga telah mengikuti kontes ini berulang kali sebelum akhirnya keluar sebagai pemenang pada seleksi tahun ini.

“Tahun ini merupakan keempat kalinya ikut kompetisi, sangat terkejut dan bangga tentunya karena akhirnya bisa menjadi juara pertama dan akan mewakili Indonesia,” kata Lycia.

Selain Lycia, Indonesia akan mengirim tiga penyanyi berbakat lainnya di babak selanjutnya, yaitu Britney Kimberly Gunawan, yang merupakan juara kedua kategori dewasa, serta juara pertama dan kedua dalam kategori remaja, yakni Richael Akenin Kesuma dan Grace Joylim.

Cultures of China Water Cube Cup merupakan kontes menyanyi bahasa Mandarin yang digelar setiap tahun sejak 2011. Ajang ini digelar sebagai ajang pertukaran budaya serta untuk menunjukkan semangat persahabatan internasional. Tema yang diusung tahun ini adalah “Naga membubung tinggi di seluruh dunia, bernyanyi dengan gembira di lima benua”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya