SOLOPOS.COM - Celine Dion. (Instagram @celinedion)

Solopos.com, SOLO-Kondisi terbaru kesehatan Celine Dion diungkap pihak keluarga. Setelah satu tahun setelah didiagnosis mengidap stiff person syndrome, penyanyi tersebut tidak dapat lagi mengontrol gerakan tubuh tertentu. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

“Dia tidak memiliki kendali atas ototnya,” kata saudara perempuannya Claudette Dion dikutip dari E! Online pada Rabu (20/12/2023).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Bintang pop berusia 55 tahun itu sebelumnya mengumumkan diagnosisnya menderita stiff person syndrome yaitu kelainan neurologis langka yang menyebabkan kekakuan otot dan kejang tubuh.

Melihat kondisi Celine Dion membuat sang adik merasa patah hati. “Yang membuat saya patah hati adalah dia selalu disiplin. Dia selalu bekerja keras. Ibu kami selalu mengatakan kepadanya, ‘Kamu akan melakukannya dengan baik, kamu akan melakukannya dengan benar’,” tutur Claudette.

Dion yang lebih tua menjelaskan bahwa meskipun penyanyi tersebut dan keluarganya berharap dapat melihatnya kembali di atas panggung, perkembangan penyakitnya membuat mereka tidak yakin.

“Memang benar, baik dalam mimpi kami maupun mimpinya, tujuannya adalah untuk kembali ke panggung. Dalam kapasitas apa? Entahlah,” ujar Claudette dikutip dari ew.com pada Rabu (20/12/2023).

“Pita suara adalah otot, dan jantung juga merupakan otot. Inilah yang datang untuk menangkap saya. Karena [kondisi Dion adalah] satu dari sejuta kasus, para ilmuwan belum melakukan banyak penelitian karena penyakit tersebut tidak berdampak pada banyak orang.”

Pada bulan Desember 2022, ketika pelantun My Heart Will Go On itu mengumumkan diagnosisnya dalam sebuah video emosional, dia menceritakan bahwa kelainan langka tersebut “mempengaruhi sekitar satu dari sejuta orang.”

Tahun berikutnya, dia menunda pertunjukan dengan alasan masalah medis dan pada bulan Mei, mengumumkan bahwa dia secara resmi membatalkan tur dunia 2024 karena masalah kesehatan yang terus berlanjut.

“Aku minta maaf sekali lagi mengecewakan kalian semua. Aku bekerja sangat keras untuk membangun kembali kekuatanku, tapi tur bisa menjadi sangat sulit bahkan ketika kalian dalam kondisi 100 persen,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Tidak adil bagimu untuk terus menunda pertunjukan, dan meskipun itu menghancurkan hatiku, sebaiknya kita batalkan semuanya sekarang sampai aku benar-benar siap untuk kembali ke panggung lagi.”

Meski mengalami kondisi penyakit langka, Celine Dion mengaku tidak akan menyerah.  “Aku ingin kalian semua tahu bahwa aku tidak akan menyerah, dan aku tidak sabar untuk bertemu kalian lagi!”

Menurut Yale Medicine, SPS adalah kelainan autoimun dan neurologis yang menyebabkan kekakuan dan kejang pada batang tubuh dan anggota badan. Dion sebelumnya mengaku mengalami “kejang otot yang parah dan terus-menerus,” dan sejak itu ia tidak lagi terlihat oleh publik.

Meski kondisi kesehatan naik turun, namun diketahui Celine Dion masih tetap aktif berkarya. Terbaru, dia terlibat dalam pembuatan film berjudul Love Again. Di film ini dia beradu akting dengan Priyanka Chopra Jonas dan mengisi soundtrack-nya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya