SOLOPOS.COM - Poster Film Pemukiman Setan. (Instagram Magma Entertainment)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah film lokal yang tayang pada awal tahun 2024 ini.  Apa sajakah film Indonesia yang bakal mendarat di bioskop tersebut?

Pada Januari 2024 sendiri, setidaknya akan ada 11 judul  film yang siap tayang di layar lebar. Film yang akan tayang akan tersedia dari berbagai genre, dari romantis, komedi, dan didominasi oleh genre horor.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Berikut ini sejumlah film karya sineas Indonesia yang bakal tayang awal 2024 dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (4/1/2024):

1. Trinil: Balekno Gembungku

Film bergenre horor bakal membuka tahun ini. Trinil: Balekno Gembungku adalah garapan sutradara ternama Hanung Bramantyo yang terakhir kali menggarap film horor pada 2007 silam dengan Legenda Sundel Bolong.

Film tentang hantu dengan kepala melayang atau kuyang ini bakal tayang di bioskop mulai 4 Januari 2024.

2. Diwe: Hutan Terlarang

Film Indonesia berikutnya yang tayang di bioskop film awal 2024 adalah Diwe: Hutan Terlarang. Film ini  tayang pada 4 Januari 2023.

Film yang juga bergenre horor ini menceritakan tentang hutan terlarang di Bangka Belitung, ketika lima anak muda berkunjung dan bersikeras menjelajahi hutan terlarang itu.

3. Suami yang lain

Film garapan John De Rantau ini adalah film pertama bergenre romatis tahun ini. Suami yang Lain akan tayang pada 4 Januari 2024 dan dibintangi oleh Acha Septriasa yang berperan sebagai Olive yang terlibat dalam cinta segitiga setelah berselingkuh dari suaminya dengan Jordy yang diperankan oleh Morgan Oey.

4. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Sekuel lainnya dari semesta Dilan, Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 mengisahkan tentang perempuan yang menggantikan Milea sebagai pasangan Dilan.

Film dari adaptasi novel karya Pidi Baiq yang diarap sutradara Benni Setiawan ini akan tayang di bioskop pada 11 Januari 2024 dan diperankan oleh Arbani Yasiz sebagai Dilan dan ex member JKT48 Azizi Asadel sebagai Ancika.

5. Sehidup Semati

Film bergenre romantis berikutnya yang tayang awal 2024 adalah Sehidup Semati, yang juga mendarat di bioskop Indonesia pada 11 Januari 2024.

Film garapan Upi Avianto ini akan dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti Laura Basuki dan Ario Bayu. Filmnya menceritakan tentang perempuan yang terjebak dalam rumah tangga penuh kekerasan dan perselingkuhan.

6. Pulang Tak Harus Rumah

Film dengan cerita daerah, Pulang Tak Harus Rumah akan tayang dengan jadwal berbeda dari biasanya, pada Senin 15 Januari 2024.

Film asal Makassar yang digarap oleh Rusmin Nuryadin ini menceritakan tentang anak yang akan dititipkan oleh ibunya kepada sang kakek yang belum pernah ditemui sebelumnya.

7. Petualangan Anak Penangkap Hantu

Film Petualangan Anak Penangkap Hantu menceritakan tentang sekelompok anak yang hobi menangkap hantu dan ingin mengungkapkan kasus misterius di sebuah desa.

Film besutan sutradara Jose Poernomo ini dibintangi oleh sejumlah aktor muda berbakat seperti Muzakki Ramadhan dan M. Adhiyat, yang bakal tayang di bioskop pada 18 Januari 2024 mendatang.

8. Rambut Kafan

Di tanggal yang sama, 18 Januari 2024, film horor lainnya akan kembali menghiasi layar lebar.  Film Rambut Kafan garapan Helfi Kardit itu diperankan oleh Bulan Sutena, Yama Carlos, dan Catherine Wilson. Bercerita tentang seorang pengusaha sukses yang memiliki istri yang sakit misterius. Penyakit sang istri kemudian menjadi semakin parah dan justru membahayakan seluruh keluarga.

9. Bu Tejo Sowan Jakarta

Menyusul film pendek viral berjudul Tilik, film Bu Tejo Sowan Jakarta akan hadir di bioskop pada 18 Januari 2024.

Film ini akan kembali dibintangi oleh Siti Fauziah sebagai Bu Tejo dan bercerita tentang perjalanannya menuju Jakarta untuk menentang pernikahan anaknya yang bernama Teddy dengan perempuan berdarah Tionghoa.

10. Pemukiman Setan

Film horor lainnya yang tayang Januari ini adalah Pemukiman Setan yang akan tayang pada 25 Januari 2024.

Film ini digarap oleh Charles Gozali, yang sebelumnya menggarap Qodrat. Kali ini, filmnya akan menceritakan tentang tiga anak muda yang ingin mencuri di sebuah rumah yang dihuni banyak hantu.

11. OOTD: Outfit of The Designer

Film romantis lainnya bulan ini adalah OOTD: Outfit of The Designer yang akan tayang pada 25 Januari 2024.

Film ini merupakan debut Dimas Anggara sebagai sutradara, yang menceritakan tentang kisah cinta mahasiswi jurusan fesyen di Inggris, yang bertemu dengan pria yang dia sukai.

12.  Setengah Hati

Film garapan sutradara Hasto Broto ini bergenre komedi ini tayang di bioskop Indonesia pada 25 Januari 2024.

Film ini menceritakan tentang Ganes (Yusuf Mahardika) yang ingin melanjutkan kuliah namun diadang oleh kesulitan keuangan, hingga harus bekerja di percetakan kaos.

Di sana Ganes bertemu dengan Astri (Tissa Biani) yang memintanya membuat kaos kampanye untuk pamannya, Gilang (Bedu). Namun, pemilik tempat Ganes  bekerja memiliki konflik dengan Gilang hingga Ganes harus mengerjakan pesanannya diam-diam.

13. Kereta Berdarah

Mengawali Februari, akan kembali diisi oleh film horor. Film garapan Rizal Mantovani, Kereta Berdarah akan tayang pada 1 Februari 2024.

14. Agak Laen

Film bergenre komedi lainnya yang akan tayang pada Februari adalah “Agak Laen” yang akan tayang di bioskop pada 1 Februari 2024.

Film ini digarap oleh komika Muhadkly Acho, bercerita tentang empat sekawan yang membuka usaha rumah hantu, namun ada satu pengunjung yang meninggal di dalamnya. Mereka mencari cara agar kabar tersebut tak tersebar kemana-mana.

15. Kupu-kupu Kertas

Film bergenre drama juga akan menghiasi layar lebar Indonesia. Film berjudul Kupu-kupu Kertas ini akan tayang pada 7 Februari 2024.

Film yang digarap oleh Emil Heradi ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama seperti Amanda Manoppo, Iwa K, Reza Oktovian, dan Fajar Nugra.

16. Munkar

Spesialis horor, sutradara Anggy Umbara akan kembali meluncurkan film horor terbarunya, Munkar yang bakal tayang 7 Februari 2024.

Film yang akan dibintangi oleh Adhisty Zara sebagai pemeran utama menceritakan legenda hantu Herlina yang begitu populer di Lamongan, Jawa Timur.



17. Lampir

Film Lampir garapan Kenny Gulardi merupakan film horor lainnya yang akan tayang di Indonesia tahun ini.  Film ini akan tayang pada 14 Februari 2024, dibintangi oleh Ardina Rasti, Ge Pamungkas, dan Jolene Marie yang menceritakan tentang legenda Mak Lampir.

18. Ali Topan

Film baru Indonesia Ali Topan garapan Sidharta Tata akan tayang di bioskop pada 14 Februari 2024.

Film bergenre drama itu akan diperankan oleh Jefri Nichol dan Lutesha, bercerita tentang pemuda yang tinggal di kawasan Blok M dan menjalankan acara musik. Karena kehidupannya sebagian besar berada di jalanan dia sering dianggap nakal, namun kebaikannya terhadap orang lain membuatnya menjadi karakter Robin Hood.

19. 24 Jam Bersama Gaspar

Tak ketinggalan, film bergenre laga akan menghiasi layar lebar. Film berjudul 24 Jam Bersama Gaspar garapan Yosep Anggi Noen akan tayang pada 14 Maret 2024.

Film adaptasi novel berjudul sama ini akan dibintangi oleh Reza Rahadian, Shenina Cinnamon, Shofia Shireen, dan Laura Basuki, menceritakan tentang misteri hilangnya Kirana (Shofia Shireen) yang diduga karena perdagangan manusia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Daftar Film Indonesia Siap Rilis Awal 2024, Genre Horor Mendominasi

 







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya