SOLOPOS.COM - Dian Sastro bermain di Gadis Kretek Netflix. (Netlix)

Solopos.com, SOLO-Pemeran Dasiyah dalam series terbaru Netflix berjudul Gadis Kretek, Dian Sastro, membeberkan pengalamannya saat mendalami karakter tersebut. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Serial yang bakal tayang 2 November 2023 itu dibintangi sejumlah aktor dan aktris Indonesia ternama antara lain Arya Saloka, Ario Bayu, Putri Marino, hingga Tissa Biani. Serial yang diangkat dari novel tersebut digarap dua sutradara kondang yaitu Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Novel karya Ratih Kumala itu sebetulnya pertama kali dikenalkan novel itu oleh Ifa [Ifa Isfansyah, sutradara]. Waktu itu awalnya mau bikin film.  Saya baca wow ini cerita yang sangat kaya ada kisah cinta yang epik, drama keluarga yang pelik, ambisi industri yang luar biasa, dan industri ini industri kretek. Ini membawa saya ke dunia yang baru di belakang industri kretek ini ada para peracik saus misalnya. Awalnya kami mau bikin film tapi kalo film hanya 90 menit tidak akan bisa menceritakan kekayaan yang diceritakan Ratih Kumala,” beber produser Gadis Kretek dalam jumpa pers melalui daring pada Rabu (1/11/2023).

Dalam serial Netflix Gadis Kretek itu, Dian Sastro berperan sebagai Dasiyah, sosok perempuan yang memiliki mimpi besar dan progresif untuk zamannya. Namun menurutnya karakter Dasiyah berbeda sekali dengan karakter dirinya.

“Untuk peran Dasiyah ini aku banyak sekali dapat arahan dari Bu Kamila [Kamila Andini]. Saya mendapat tantangan sekaligus harus eksplore. Karena karakternya beda sekali dengan karakter saya bicaranya beda sekali, gesture, cara berjalannya. Semua berbeda sekali dengan diri saya. Untungnya saya dapat waktu yang cukup untuk develop [karakter ini],” tuturnya dalam jumpa pers.

Agar lebih menghayati peran tersebut, pemeran Cinta dalam Ada Apa Dengan Cinta itu memiliki sejumlah trik. Salah satunya adalah berhenti bersosialisasi.

“Untuk memerankan Dasiyah saya berhenti bersosialisasi 6 bulan, berhenti lari dan tenis olahraga yang sangat saya sukai, saya juga berhenti dengerin musik modern. Saya jadi antisosial banget untuk fokus ke peran ini,” tuturnya.

Dian Sastro mengaku di awal-awal dirinya sempat depresi memerankan karakter di serial terbaru Netflix Gadis Kretek tersebut. Namun untunglah dia punya pelatih akting yang membantunya untuk masuk dan keluar dengan mudah ke karakter yang diperankannya.

“Kalo proses masuk ke dalam karakter itu berbulan-bulan, tapi kalo sudah masuk ke karakter ini nggak sulit. Cuma kalo belum masuk ke dalam ke karakter itu yang nggak gampang, perlu persiapan. Aku tuh bikin alokasi waktu dan ruangan sendiri di rumah, di ruangan itu aku cuma nulis tangan, nggak ada telepon, nggak nonton televisi, enggak dengerin musik. Untuk masuk ke situ aku depresi banget karena aku dasarnya makhluk yang senang bergaul. Perlu pasrah banget, di sini aktor itu kayak budaknya karakter  gitu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya