SOLOPOS.COM - Vicky Prasetyo (Instagram @vickyprasetyo777)

Solopos.com, SOLO-Sejumlah artis diketahui mencalonkan diri menjadi caleg untuk DPR RI pada Pileg 2024 ini, lalu berapakah modal yang harus mereka keluarkan? Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagai artis diakui memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya karena lebih dikenal oleh masyarakat sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan suara dari rakyat. Namun, hal itu nyatanya tak dialami semua artis.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Mereka yang namanya sudah begitu terkenal tak menjamin dia akan terpilih lolos dan maju mendapatkan kursi di DPR. Selain itu, tak menutup kemungkinan juga mereka harus tetap mengeluarkan banyak uang untuk kampanye.

Tahun ini, banyak nama-nama artis yang diduga bisa maju dan mendapatkan kursi di Senayan. Salah satunya Komeng, yang diperkirakan akan menang telak dalam pemilihan DPD Jawa Barat.

Sebagai salah satu caleg artis, Komeng mengaku dia tidak merogoh kocek dalam-dalam untuk modal melakukan kampanye. Dia juga maju tanpa partai, artinya pencalonannya dilakukan dengan biaya sendiri tanpa dana bantuan dari partai.

Uya Kuya yang maju melalui Dapil DKI Jakarta II juga mengaku tidak perlu mengeluarkan uang yang begitu banyak untuk kampanye. Menurutnya, karena namanya sudah dikenal dan disayang oleh masyarakat, membuat dia lebih mudah untuk mengumpulkan orang untuk kampanye tanpa harus dibayar.

“Menurut saya kalangan artis lebih dikenal jadi lebih mudah memberikan sosialisasi. Tapi meski begitu banyak juga yang gagal saat nyaleg. Tapi tidak bisa dipungkiri menjadi artis membuat biaya politik lebih rendah. Saya bayar paling keamanan yang di depan, kebersihan, beli minuman, nggak pakai bayar orang buat dateng,” katanya dalam acara Adu Rayu Caleg Artis dikutip pada Sabtu (24/2/2024).

Nama artis lain yang maju jadi caleg adalah Dede Sunandar rela menjual mobilnya untuk modal biaya kampanye dan sayangnya hanya mendapat 10 suara. Kemudian, Harabdu Tohar atau Bedu juga sempat diisukan jual rumah karena mengalami  kesulitan ekonomi. Namun demikian dia menegaskan tidak menjual rumahnya seharga Rp5,5 miliar untuk nyaleg.

Bedu menyebutkan kisaran biaya yang dia keluarkan tidak sampai miliaran rupiah bahkan triliunan rupiah karena uangnya tidak ada.

“Jadi caleg modal saya adalah kemauan, waktu, ide, pikiran, gagasan. Tapi tetap blusukan butuh transportasi, belum lagi suka ada yang laporan, rakyat ada aja belum bayar sekolah ada yang sakit, pasti sifat kemanusiaan muncul dan akan keluar uang,” ujarnya dikutip dari Bisnis.com pada Sabtu (24/2/2024).

Kemudian, para caleg artis petahana yang sudah pernah nyaleg sebelumnya juga mengaku harus mengeluarkan uang hingga miliaran rupiah untuk modal biaya kampanye. Arzeti Bilbina, Ratih Sanggarwati, dan musisi Doadibadai Hollo merogoh kocek hingga minimal Rp2 miliar.

Sebelumnya, mantan pemain sinetron Nurul Arifin juga menyebutkan bahwa menjadi caleg perlu biaya antara Rp250 juta sampai Rp1 miliar. Biaya tersebut dibutuhkan untuk belanja logistik kampanye, transportasi dan akomodasi.

Kemudian, Farhan dalam acara kontroversi juga menyebutkan bahwa biaya nyaleg bisa mencapai Rp750 juta sampai dengan Rp4 miliar, bahkan lebih.

Artis lain yang mencalonkan diri jadi caleg adalah Vicky Prasetyo yang mengaku menguras tabungan menikah sebagai modal untuk nyaleg. Kendati demikian dia tidak sampai menjual aset pribadi.

Vicky mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) VI lewat Partai Perindo dan diprediksi tak lolos. Kendati demikian Vicky mengaku legawa.

“Kepilih atau enggak, itu enggak boleh menentukan masih berproses masih berproses. Kita itu kan anggota partai, kita harus menghormati rumah politik ya kalau memang rumahnya bisa masuk membawa teman-teman lain untuk menjadi legislatif mewakilkan partai kita ya kita juga harus bersyukur,”  tuturnya dikutip dari YouTube Trans7 Official pada Sabtu (24/2/2024).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Mengintip Modal Para Artis Jadi Caleg DPR RI 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya