SOLOPOS.COM - Rio Motret saat konferensi pers penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023. (Instagram @riomotret)

Solopos.com, SOLO-Fotografer kondang Rio Motret dan CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang menyatakan mundur dari kontes kecantikan tersebut. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Pengumuman mundur dua sosok penting dalam organisasi ajang kontes kecantikan itu setelah terkuak kasus finalis Miss Universe Indonesia diminta foto bugil saat pengecekan badan alias body checking.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Eldwen Wang mengumumkan pengunduran diri dari kursi CEO Miss Universe Indonesia lewat akun Instagram @wangjinseok pada Sabtu (5/8/2023). Dia mengungkap alasan melepas jabatannya itu karena ingin fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahirannya di Surabaya, Jawa Timur.
Kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya,” kata Eldwen Wang dalam bahasa Inggris.

“Saya minta maaf seiring perjalanan waktu saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahiran saya,” sambung dia.

Rio Motret dan CEO Miss Universe Eldwen Wang menyatakan mundur.  Fotografer kondang pemilik nama asli Rio Wibowo yang menjabat sebagai Visual Director atau Direktur Visual Miss Universe Indonesiitu menyampaikannya lewat akun Instagram @riomotret pada Minggu (6/8/2023).

“Hello saya Rio Motret dan melalui kesempatan ini saya ingin memberitahukan bahwa perjalanan saya bersama Miss Universe Indonesia telah berakhir,” tulis Rio dalam bahasa Inggris dikutip dari Instagramnya pada Selasa (8/8/2023).

“Sebuah perjalanan sangat indah dan luar biasa, banyak tantangan, menyenangkan dan pengalaman baru. Tapi saya harus menyampaikan selamat tinggal untuk Miss Universe Indonesia agar bisa fokus dengan proyekku di masa depan,” sambung dia.

Sebelum pengunduran diri Rio Motret dan CEO Miss Universe Indonesia, media sosial dihebohkan dengan kabar finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang diminta tampil tanpa busana ketika pemeriksaan badan alias body checking. Kabar permintaan tampil bugil finalis Miss Universe Indonesia 2023 itu muncul dalam unggahan Instagram Story Sally Giovanny, National Director Miss Universe Indonesia Bali.

Dalam unggahan itu, Sally mengunggah tangkapan layar percakapan WhatsApp dirinya dengan National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat, Rizky Ananda Musa. Dia mempertanyakan terkait body check diminta foto telanjang yang menyalahi aturan.

“Selamat sore, saya dapat kabar anak-anak body check disuruh telanjang, tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho. Kalau ternyata disebarluaskan bagaimana? Kami Jabar juga ada body check tapi tidak foto mereka,” bunyi percakapan WhatsApp dalam tangkapan layar unggahan Instagram Story Sally Giovanny yang kemudian viral dan diunggah sejumlah akun gosip, salah satunya Instagram Lambe Turah.

Mundurnya Rio Motret dan CEO Miss Universe Indonesia dikaitkan dengan peristiwa tersebut. Kendati demikian pria bernama asli Rio Wibowo itu mengatakan dirinya tak terlibat dalam pemotretan telanjang saat body checking.

“Saya saat kejadian itu tidak ada di lokasi. Saya ada di kamar di lantai atas. Kebetulan ada komplain dari anak-anak yg dilaporkan ke pihak official director bhw anak-anak ini jadi korban foto-foto bugil. Sebagai penyambung lidah, saya turun dan langsung menghampiri tim MUID kita menegurnya dan maunya kita menghapus,” tuturnya.

Dia membantah terlibat dalam pemotretan bugil tersebut. “Pihak PC memfitnah saya kalo menyebut saya terlibat dalam proses ini salah besar. Yang benar itu justru bukti kuat. Saya tidak melakukan adegan foto-foto itu. Kayaknya ada missleading berita mentang-mentang saya seorang fotografer saya foto bugil padahal saya sangat menghormati perempuan. Padahal sebetulnya juga tidak ada agenda ini, nggak ada body checking,” tuturnya dalam jumpa pers yang diunggah ulang di Instagram Story-nya pada Selasa (8/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya