SOLOPOS.COM - Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole. (Instagram @fabienne_fng)

Solopos.com, SOLO-Kemenangan Fabienne Nicole Groeneveld sebagai Miss Universe Indonesia 2023 menimbulkan kontroversi, salah satunya terkait tinggi tubuhnya. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Diketahui kontes kecantikan itu telah berlangsung di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Kamis (3/7/2023) malam.  Di ajang tersebut, dia harus bersaing ketat dengan Vina Anggi Sitorus.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di ajang tersebut, Vina Anggi Sitorus mendapatkan gelar 1st Runner-up dan Muthia Fatika Rachman sebagai 2nd Runner-up. Tak sedikit warganet menyesalkan hal ini lantaran Vina dinilai lebih layak sebagai pemenang.

Selain soal tinggi tubuh, kemenangan Fabienne Nicole sebagai Miss Universe Indonesia 2023 juga disoal lantaran diduga perempuan itu telah menyogok penyelenggara. Namun tuduhan ini telah dibantah oleh Poppy Capella sebagai salah satu juri dan pemegang lisensi Miss Universe Indonesia sebelum dicabut oleh Miss Universe Organization.

Tak sedikit warganet mempertanyakan tinggi tubuh Fabienne Nicole sebagai pemegang gelar Miss Universe Indonesia 2023 ini di akun Instagram Miss Universe Indonesia. “Ngaku ngaku bawa negara Indonesia? Wiihhh malu maluin, TB aja bermasalah.. Dah lah gak usah bawa negara Indonesia, malu maluin lu Febi,” tulis akun @sian_*** di kolom komentar dikutip pada Senin (14/8/2023).

“Ohh ini winner dgn tinggi 158 cm, advo baru 2 bulan dan dengan segala isu2 yg beredar.. Good luck buat ke elsavador,” tulis @irun***.

Aturan standar sebagai pemenang Miss Universe Indonesia memiliki tinggi 168 sentimeter, sedangkan Fabienne Nicole tingginya hanya 158 sentimeter.  Permasalahan tersebut juga dibahas dr Richard Lee melalui kanal YouTube-nya.

Dokter Richard Lee sampai bertanya ke mantan CEO Miss Universe Indonesia, Eldwen Wang, soal kualifikasi pemenang MUID itu.

“Kontroversi buat yang menang nih, ini kualifikasinya tinggi badan 168 cm, bagaimana ceritanya ada finalis yang lolos dengan tinggi 158 cm?” tanya dr Richard Lee di kanal YouTube-nya dikutip pada Senin (14/8/2023).

Jawaban dari Eldwen Wang, ia menilai ada ketidakjelasan soal peraturan yang ada di Miss Universe Indonesia tahun 2023.  “Ini peraturannya kayak abu-abu, jadi tidak jelas. Kalau saya boleh jujur, di guide book yang dari pusat ke mari tidak ada peraturan tersebut. Namun Ibu menghendaki tinggi minimal 168,” ujar Eldwen.

Kendati demikian dia tidak tahu kenapa akhirnya finalis bertinggi tubuh 158 cm akhirnya bisa lolos. Hal kurang lebih senada diungkapkan Provincial Director MUID Bali Sally Giovanny.

Menurutnya untuk menentukan mereka yang lolos Miss Universe Indonesia tidak bisa semena-mena lantaran ada persyaratan tinggi tubuh yang harus dipenuhi.

“Nggak bisa semena-mena seperti itu kriterianya adalah minimal 168 cm. Jadi ya itulah ini betul ya jujur ya sekarang mungkin semua udah pada tahu baru saja diumumkan 3 hari setelah ajang grand final ini selesai dan sudah ada winner-nya itu peraturan langsung dihilangkan aturan tinggi badan ini,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya