SOLOPOS.COM - Kiky Saputri. (Instagram @kikysaputrii)

Solopos.com, SOLO-Kabar kurang menyenangkan datang dari komika Kiky Saputri yang mengalami keguguran anak pertamanya dengan suaminya, Muhammad Khairi. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Dalam unggahan di kanal YouTube, Kiky Saputri Official, Minggu (17/3/2024), Kiky didampingi sang suami pun mengungkapkan mengenai kondisinya. Pasalnya, sebelumnya dirinya sempat mengunggah mengenai cobaan hidup dalam akun Instagram.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Unggahan tersebut pun langsung mencuri perhatian netizen hingga menimbulkan berbagai persepsi di kalangan netizen. Tak ingin berlarut dengan adanya rumor, wanita kelahiran 22 Oktober 1993 ini akhirnya melakukan klarifikasi.

Kiky Saputri  mengakui dirinya mengalami keguguran di usia kehamilan 10 minggu.  Dalam unggahan tersebut, ia menyebutkan jika ia tahu tengah hamil yakni satu hari sebelum bertolak ke London, Inggris. Dirinya pun mengungkapkan sempat mengalami beberapa gejala bak orang hamil sebelum liburan dengan sang suami.

“Aku tahu aku hamil itu pas sehari sebelum kita ke London. Aku ngerasa badan aku enggak enak, pegel-pegel, normalnya orang hamil. Cuma Alhamdulillah banget dedek ini enggak bikin aku mual yang sampe muntah. Jadi mual tapi bisa dicegah pakai makan rujak,” ujar Kiky Saputri dikutip dari kanal YouTube Kiky Saputri Official pada Senin (18/3/2024).

Dia sempat ingin menyembunyikan kabar tersebut. Namun, kini dirinya memilih mengungkapkan kepada publik. Ia menyebutkan jika dirinya mengalami keguguran di usia calon buah hatinya 2,5 bulan. Dia pun memilih menyembunyikannya selama satu bulan.

“Usia kehamilan itu sampai hari ini 3,5 bulan, seharusnya. Tetapi Qadarullah, takdir Allah menentukan kita harus berpisah daengan bayi aku, janin aku di usia kandungan 2,5 bulan, 10 pekan. Di mana itu sebulan lalu,” ujar Kiky Saputri yang juga didampingi sang suami.

Kiky Saputri pun mengalami kelelahan sepulang dari liburan lantaran memiliki jadwal yang sangat padat sehingga dia mengalami keguguran. Namun rupanya kelelahan bukan menjadi faktor utama.

Kiky Saputri mengaku memiliki kista di rahim. Ia mengungkapkan jika ia telah mengidap kista setelah menikah.

“Jadi, sebenarnya tepat sebulan lalu itu aku mengalami keguguran. Penyebab pastinya ada, ditambah faktor lain seperti kecapaian. Aku kerja sana-sini ternyata di dalam perut aku enggak sekuat itu. Dan ini jadi pelajaran penting buat aku dan suami.  Ada faktor utama [keguguran], aku ada kista dari sebelum hamil, enam bulan setelah aku menikah,” ujarnya.

Kiky menyebutkan jika seusai mengetahui dirinya mengidap kista, ia berniat untuk mengangkatnya untuk pembersihan seusai pulang dari London. Hal tersebut sebelumnya akan dilakukan sebelum hamil. Namun rupanya rencana tersebut tak jadi dilakukan karena dirinya dinyatakan positif hamil.

“[Kista] Di luar dinding rahim. Waktu itu masih 3,8 cm. Waktu rencana kita pulang dari London mau berobat untuk pembersihan kistanya. Tapi, MasyaAllah, Allah kasih kita rezeki ada si baby. Kata dokter enggak apa-apa ini enggak ganggu, jadi lanjutin aja kehamilannya,”  ujarnya.

Meski sempat diperbolehkan melanjutkan kehamilannya, rupanya kista yang ada di tubuh Kiky Saputri ikut membesar. Jika sebelumnya dirinya memiliki kista berukuran 3,8 cm namun kista tersebut bertambah besar menjadi 4,6 cm.

“Seiring berjalannya waktu, janin berkembang, maka kista juga berkembang. Ternyata menekan ke area dinding rahimnya. Kistanya membesar saat aku keguguran itu dia [kista] udah 4,6 cm. Sari-sari makanan untuk janin itu diambil oleh kistanya,” ujarnya.

Kiky Saputri mengungkapkan jika dua pekan sebelum mengalami keguguran, dia dan sang suami masih melakukan pemeriksaan ke dokter. Bahkan dirinya juga masih mendengar detak jantung calon buah hatinya. Namun, pada pemeriksaan selanjutnya detak jantung calon anaknya tak lagi ada usai dirinya mengalami pendarahan.

“Dua pekan sebelumnya kenceng. Itu sampai 10 kali lebih dokternya mencoba untuk mengecek, ternyata detak jantunya udah enggak ada. Aku masih enggak percaya waktu itu.” ujar Kiky Saputri sembari masih merasakan kesedihan.

Sang suami juga menyebutkan jika ia dan Kiky Saputri masih belum percaya dengan pemeriksaan tersebut. Keduanya bahkan memilih untuk melakukan pemeriksaan esok hari lagi.

Kiky Saputri mengungkapkan jika flek yang dialaminya justru semakin banyak keluar. Tak hanya itu, ukuran janin juga turut menyusut.

“Fleknya makin keluar dan sepertinya janinnya kayak menyusut. Kalau secara perkembangan bayi masuk 10 pekan itu ukurannya sudah 3 cm, tapi kemarin hanya 1,5 cm” ujarnya.

Setelah alami keguguran, Kiky Saputri juga diketahui menjalani tindakan kuret untuk pembersihan di bagian kantong rahim. Namun, beberapa minggu usai jalani kuret rupanya ia harus kembali ke rumah sakit karena mengalami sakit yang luar biasa di bagian bawah perut.

Rupanya, ukuran kista Kiky Saputri semakin membesar dan telah menempel di falopi kiri. “Dicek kistaku semakin membesar, 5,2 cm, habis kayak gitu, dokter memutuskan untuk diangkat kistanya karena takutnya berbahaya udah nempel ke falopi kiri.”

Tak sampai di situ saja, dirinya juga menjelaskan jika kistanya telah menyelimuti ovarium kiri. Hal ini pun membuat ovarium kiri Kiky Saputri harus diangkat.

“Ternyata ovarium kiri Kiky itu udah diselimuti kistanya, sudah menggerogoti ovarium sebelah kiri Kiky. Ada peradangan disitu. Kalau enggak diangkat, kistanya akan berkembang ke tempat yang lain. Dokter bilang ini opsi terakhir.” ujar Khairi.

Kiky Saputri pun sempat menangis dan menyesal karena hal tersebut. Kini dirinya hanya memiliki satu ovarium sebelah kanan. Meski begitu, dirinya juga mengaku bersyukur karena sang suami serta mertua dan keluarga besarnya tetap memberikan dukungan serta menerima keadaan.



“Ya Allah, belum sembuh yang kemarin [kuret]. Jika aku bisa memutar waktu, aku akan jaga diriku lebih baik lagi.” ujar Kiky.

Setelah kabar itu diunggah, banyak warganet memberikan kalimat penyemangat dan doa bagi Kiky Saputri yang mengalami keguguran. “Agar tidak terjadi simpang siur, semoga bisa sedikit menjawab pertanyaan teman-teman,” tulisnya di Instagram @kikysaputrii dikutip pada Senin (18/3/2024).

“Semangat kiii, pernah merasakan yang sama, memang begitu berat rasanya, semoga segera diberikan kembali, aamiin,” tulis @enore*** di kolom komentar.

“Semangatt kiky,” tulis Atta Halilintar.

“Yang kuat bebz, semangat ya, semoga cepet segera diberi penggantinya, amin #hugs,” tulis @jejak***.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya