SOLOPOS.COM - Miss Universe 2022, R'Bonney Gabriel, hadir di Miss Universe Indonesia 2023. (Instagram @missuniverse_id)

Solopos.com, SOLO-Kontes kecantikan atau beauty pageant Miss Universe Indonesia belum lama ini ramai diperbincangkan lantaran mencatat sejumlah kontroversi. Lalu apa perbedaannya dengan kontes serupa di Indonesia yaitu Miss Indonesia dan Puteri Indonesia? Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Miss Universe Indonesia jadi sorotan lantaran sejumlah kontroversi di antaranya disebut sengaja memberikan kemenangan kepada Fabienne Nicole Groeneveld dari DKI Jakarta karena mendadak menghilangkan syarat tinggi badan,  salah satu finalisnya melapor ke Polda Metro Jaya atas adanya permintaan foto bugil saat pengecekan badan, hingga dua petinggi Miss Universe Indonesia mundur dari jabatan mereka.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Terlepas dari beberapa kontroversi yang meliputi ajang kecantikan ini, bisa jadi masih banyak yang belum paham kontes kecantikan ini tidaklah sama dengan kontes kecantikan lainnya di Indonesia.

Berikut perbedaan antara Miss Universe Indonesia dengan ajang kecantikan lainnya, Miss Indonesia dan Puteri Indonesia dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (13/8/2023):

1. Miss Universe Indonesia

Miss Universe Indonesia adalah kontes kecantikan paling baru, yang didirikan pada 8 Februari 2023 dan baru saja menyelesaikan kontes pada Agustus 2023 dengan hasil pemenang Fabienne Nicole Groeneveld dari DKI Jakarta. Kontes pertama Miss Universe Indonesia dimulai pada Maret lalu dengan menyertakan beberapa syarat seperti umur, tinggi badan, dan berat badan, riwayat pekerjaan, dan lain-lain.

Ajang kecantikan ini berada di bawah naungan PT Capella Swastika Karya yang dikomandoi oleh mantan model, Poppy Capella sebagai National Director. Kontes ini memilih Fabienne Nicole sebagai pemenang untuk mewakili Indonesia pada perhelatan kontes kecantikan internasional Miss Universe di El Savador.

Namun kabar terbaru Miss Universe Organization mengakhiri kontrak dengan PT Capella Swastika Karya sebagai pemegang lisensi Miss Universe Indonesia lantaran sejumlah pemberitaan terkait dugaan pelecehan seksual terhadap para kontestan. Sampai berita ini ditulis pada Minggu (13/8/2023), belum ada pengumuman lebih lanjut terkait pemegang lisensi Miss Universe Indonesia.

2. Miss Indonesia

Untuk mengetahui perbedaan Miss Universe Indonesia dengan kontes Miss Indonesia dan Puteri Indonesia, ketahui bahwa Miss Indonesia adalah ajang kontes kecantikan yang diselenggarakan oleh MNC Group, di mana Yayasan Miss Indonesia dipimpin oleh Liliana Tanoesoedibjo.

Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada 2005 dengan pemenangnya mewakili Indonesia ke ajang Miss ASEAN. Pada ajang ini, pemenangnya berkesempatan menjadi wakil Indonesia di kontes internasional seperti Miss World dan ditujukan untuk ikut serta melakukan aksi sosial ke daerah-daerah yang membutuhkan bantuan di Indonesia.

3, Puteri Indonesia

Berbeda dari kontes kecantikan lainnya, Puteri Indonesia diselenggarakan kali pertama oleh Mooryati Soedibyo. Kontes ini didirikan pertama kali pada 1992 dan saat ini menjadi kontes kecantikan tertua di Indonesia. Kontes ini diselenggarakan tiap bulan Maret, bersamaan dengan perayaan Hari Perempuan Nasional.

Pemenang Puteri Indonesia sebelumnya dikirimkan untuk mewakili Indonesia ke ajang Miss Universe. Namun, setelah lisensi tersebut diberikan kepada Miss Universe Indonesia, maka Yayasan Puteri Indonesia akan mengirim pemenangnya untuk kontes kecantikan yang berbasis di Vietnam, Miss Charm.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Miss Universe Indonesia, Miss Indonesia, dan Puteri Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya