SOLOPOS.COM - Melly Goeslaw. (Instagram @melly_goeslaw)

Solopos.com, SOLO-Dengan bantuan teknologi AI (artificial intelligence), Melly Goeslaw bisa berduet bareng Nike Ardilla di lagu Bertemu Kembali. Sementara diketahui Nike Ardilla diketahui telah meninggal dunia pada Maret 1995.

Pada Rabu (6/12/2023), tembang Bertemu Kembali dirilis secara resmi di YouTube Musica Studios. Tembang tersebut bahkan sempat trending nomor 7 untuk kategori musik.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Untuk menghidupkan sosok Nike Ardilla dalam lagu, Melly Goeslaw memakai bantuan teknologi AI. Sebagai informasi, Melly Goeslaw dan mendiang Nike Ardilla adalah dua sahabat sejati yang merintis karier bersama sejak usia belia.

“Lagu Bertemu Kembali itu sebenarnya cerita tentang rumpi-rumpian saya sama Nike dahulu. Tapi setelah saya akhirnya bertemu dengan jodoh saya, Nike malah pergi duluan dan angan-angan kami di masa lalu tidak pernah menjadi kenyataan,” jelas Melly Goeslaw yang dikutip dari YouTube Musica Studios pada Jumat (8/12/2023).

Dia juga menambahkan bahwa lagu Bertemu Kembali menceritakan tentang kondisi perpisahan yang diyakini hanya sementara dan tidak bersifat abadi, seperti yang sedang dialami oleh Melly dan Nike saat ini.

Lagu Bertemu Kembali merupakan penggabungan dari dua lagu yang dijadikan satu, yaitu lagu milik Nike Ardilla yang berjudul Duka Pasti Berlalu yang diciptakan oleh Dadang S. Manaf dan dipadukan dengan lagu baru yang dibuat oleh Melly Goeslaw.

Formula ini merupakan teknik dan terobosan baru yang dapat dilakukan untuk melibatkan karya-karya musisi besar di Indonesia yang telah tiada dengan karya baru saat ini.

Meski menggunakan teknologi AI dalam pembuatan lagu Bertemu Kembali, Melly Goeslaw mengaku prosesnya tidak mudah. Hal ini lantaran prosesnya bukan hanya melibatkan dua vokal, melainkan dia juga memilih lirik dari lagu mendiang Nike Ardilla yang sesuai dengan cerita mereka.

“Prosesnya tentu tidak mudah , karena ini tdk hanya melibatkan dua vocal saja . Sy harus pilih master Nike yang sudah ada kemudian di pilih yang lirik nya bisa masuk dengan cerita kami berdua,” tulis Melly Goeslaw melalui akun Instagram pribadinya dikutip pada Jumat (8/12/2023).

Melly Goeslaw berharap lagu yang memakai teknologi AI untuk menghidupkan Nike Ardilla itu bisa mengobati kerinduan penggemar.  “Semoga lagu ini bisa mengobati rasa kerinduan banyak fans-nya Nike, baik yang sudah lama maupun yang baru. Saya juga berharap lagu ini bisa jadi sumber inspirasi untuk dunia musik Indonesia dengan memanfaatkan teknologi semacam ini (AI) menjadi karya yang keren,” tuturnya.

Lagu Melly Goeslaw yang memakai teknologi AI untuk menghidupkan sosok Nike Ardilla ini pun menuai pujian warganet. Hal ini bisa dilihat dari komentar di Instagram Melly.

“Sumpah ga bisa berkata-kata, serasa Almh beneran hidup.. Entah dengan cara Edo Tensei atau 7 Bola Dragon Ball.. Terimakasih telah mengobati kerinduan para penggemar almarhumah,” tulis @rino*** di kolom komentar Instagram @melly_goeslaw dikutip pada Jumat (8/12/2023).

“Mba Alm. Mninggal pas aku msh SD rasanya lagi tenar2 nya bliau dlu.. Tante ku fans berat sma bliau ni.. rmbut nike aja dia tiru.. ngak pagi siang sore malem pasti yg diputar di radio lagi2 nya alm. pas Alm. Mninggal jmn itu koran2 di klipingin sma tante ku saat itu di pasang didinding rmh smpe ngamuk kakek ku.. ingat bnget suara emas alm. Nike berasa dia ada dn hidup pas dengerin lgu ini.keren teh Melly. Karya banget,” tulis @citra***.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya