SOLOPOS.COM - Aminah Cendrakasih. (Instagram @sidoelanaksekolahan)

Solopos.com, SOLO — Publik banyak yang penasaran dengan siapa Aminah Cendrakasih lantaran sosok tersebut menjadi Google Doodle hari ini, Senin (29/1/2024).

Dalam Google Doodle itu, tampak karikatur Aminah Cendrakasih mengenakan kerudung yang dibingkai TV analog. Hal ini menandakan rekam jejaknya di dunia hiburan Tanah Air melintasi berbagai zaman. Selain itu, juga terlihat pula motif batik buketan dengan corak bunga berwarna merah dan oranye yang semakin membuat tampilan Google Doodle menarik.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Penampilan Aminah Cendrakasih untuk Google Doodle ternyata untuk merayakan ulang tahunnya ke-86. “Doodle hari ini merayakan aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer Asia Tenggara paling produktif dan populer pada masanya,” tulis Google dalam laman resmi Google Doodle.

aminah cendrakasih google doodle hari ini
Aminah Cendrakasih jadi Google Doodle hari ini Senin (29/1/2024). (Google)

Lalu, siapa sebenarnya Aminah Cendrakasih yang jadi Google Doodle hari ini?

Dikutip dari Antara, Aminah Cendrakasih merupakan aktris senior Indonesia pemeran Mak Nyak di film Si Doel Anak Sekolahan. Selain menjadi artis, Aminah Cendrakasih ternyata juga seorang model.

Artis yang lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah dan meninggal dunia pada 21 Desember 2022 di Tangerang Selatan karena sakit itu dikenal sejak membintangi film Serampang 12 (1956) dan Asrama Dara (1958) bersama dengan Nun Zairina.

Sejak masih sekolah, putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah ini sudah mengenal dunia panggung. Dimulai dengan aktif di pentas sandiwara pada 1955 sebagai pemain dan penyanyi.

Pada tahun yang sama, ia mendapat kesempatan tampil dalam film Oh, Ibuku (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi) produksi Garuda Film dan Semeru Film di bawah pengarahan sutradara Ali Yugo.

Terkait siapa Aminah Cendrakasih yang jadi Google Doodle hari ini, bersama ibunya, pada tahun yang sama dia ikut bermain dalam film Gambang Semarang. Di filmnya yang ketiga, Ibu dan Putri (1955) yang disutradari Ha van Wu, Aminah Cendrakasih diberi kepercayaan sebagai pemeran utama bersama dengan Lies Noor.

Di dunia seni peran, Aminah Cendrakasih sebagai artis sudah malang melintang. Sejak 1955 hingga 1989 saja, ia sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama. Berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya