SOLOPOS.COM - Ndank Surahman. (Tangkapan layar YouTube Intens Investigasi)

Solopos.com, SOLO-Pencipta lagu Mungkinkah Ndank Surahman melayangkan somasi kepada Andre Taulany dan band Stinky. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Aksi mantan gitaris band Stinky ini mengejutkan warganet. Bahkan Andre Taulany telah membuat video pendek berisi satir atas somasi tersebut.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Dalam video yang diunggah di akun Instagramnya itu, Andre Taulany terlihat bergaya memainkan lagu tersebut di atas piano yang masih tertutup. Aksinya itu diiringi lagu yang membesarkan nama Stinky tersebut.

Sebagai pencipta lagu itu dia menyebutkan alasannya mengirimkan somasi yaitu lantaran dia tak terima lagu ciptaannya bertajuk Mungkinkah dibawakan oleh Andre Taulany dan Stinky

“Kenapa ada video somasi tersebut? Jadi sebelum saya upload sebelumnya saya sudah mencoba untuk menghubungi Andre Taulany tapi tidak ada respons sama sekali dari Andre Taulany,” paparnya dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi pada Kamis (4/1/2024).

Tujuan somasi adalah dia ingin membahas tentang lisensi untuk performing right. Selama ini tidak ada pembahasan terkait hal itu.

“Saya sebetulnya tidak mempermasalahkan ini tetapi beberapa  teman-teman musikus itu mendorong saya untuk supaya saya berani untuk melarang karena memang di situ ada hak saya ya. Jadi ada hak intelektual di mana hak itu sudah melekat dan saya sebagai pemilik lagu tersebut,” tuturnya.

Sebagai pencipta lagu Mungkinkah, Ndank Surahman hanya melarang Andre Taulany dan Stinky. Sedangkan musikus lainnya boleh membawakan tembang tersebut asalkan ada izin terlebih dahulu.

“[Pelarangan] Hanya untuk Andre Taulany dan Stinky. Dan kalau teman-teman lain mungkin ini ya silakan aja tapi memang harus intinya adalah mungkin lebih ke izin ya, izin dulu,” tegasnya.

Menurutnya, tembang tersebut 85 persen-90 persen merupakan ciptaan dia. “Itu boleh dibilang saya itu
85% ya karena bait pertama sampai refrain itu karya saya. Dari Andre Taulany tidak ada konfirmasi sama sekali ke saya. Saya di Stinky dari album satu sampai lima selama saya tidak bergabung mereka membawakan lagu Mungkinkah tidak ada pembicaraan dengan saya,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya