SOLOPOS.COM - Anisha Rosnah saat seremoni Berbedak Mandi. (Instagram @muash.portfolio)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah rangkaian upacara adat dalam pernikahan Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam dan Anisha Rosnah. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Adat Nikah Diraja terjadi antara putra Sultan Brunei Darussalam itu dengan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah binti Adam diadakan di Masjid Omar ‘Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Dikutip dari borneobulletin.com pada Kamis (11/1/2024), tampak hadir dalam royal wedding 2024 tersebut adalah Yang Mulia Pangeran Haji Al-Muhtadee Billah, Putra Mahkota dan Menteri Senior di Kantor Perdana Menteri; Yang Mulia Pangeran ‘Abdul Malik; Yang Mulia Pangeran Mohamed Bolkiah; Yang Mulia Pangeran Haji Sufri Bolkiah dan Yang Mulia Pangeran Haji Jefri Bolkiah.

Duduk di atas tikar khusus yang disebut Kasur Namat yang diapit dengan empat lilin upacara yang disebut Dian Empat yang ditempatkan di setiap sudutnya,  Pangeran Abdul Mateen terlihat gagah mengenakan pakaian tradisional pernikahan kerajaan berwarna putih dan menegaskan penerimaan akad nikah atau upacara pernikahan.  Tembakan salvo sebanyak 17 tembakan dilakukan sebagai tanda berakhirnya Istiadat Akad Nikah Pengantin Diraja.

Perayaan pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Isa-Kalebic atau Anisha Rosnah binti Adam akan berlangsung selama 10 hari.

Adapun rangkaian pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah dimulai dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja atau lamaran kerajaan pada Minggu (7/1/2024).

rangkaian pernikahan abdul mateen
Penampilan Anisha Isa Kalebic atau Anisha Rosnah saat Khatam Quran. (Instagram @tehfirdaus)

Acara pernikahan kemudian dilanjutkan dengan Majlis Istiadat Membuka Gendang Jaga-Jaga pada Senin (8/1/2024); Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja pada Selasa (9/1/2024), dan Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja pada Rabu (10/1/2024).

Selanjutnya, upacara pernikahan sesuai ajaran Islam atau akad nikah (Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja) akan dilaksanakan pada Kamis (11/1/2024).

Akad nikah bukanlah akhir dari rangkaian acara pernikahan. Pada Minggu (14/1/2024), kerajaan akan melaksanakan Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja.

Keesokan harinya, yakni Senin (15/1/2024), rangkaian pesta dilanjutkan dengan Majlis Persantapan Diraja dan ditutup dengan Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat serta Menutup Gendang Jaga-jaga pada Selasa, 16 Januari 2016.

rangkaian pernikahan abdul mateen
Penampilan Anisha Rosnah saat melakukan upacara Berbedak Mandi. (Instagram @muash.portfolio)

Desainer Teh Firdaus dan fotografer Muash Rosman mengunggah sejumlah momen Anisha Rosnah saat menjalani rangkaian upacara pranikah dalam pernikahan Pangeran Abdul Mateen. Rangkaian acara tersebut antara lain Khatam Quran dan Berbedak Mandi.

“Honored to play a role in the Brunei royal wedding. Witness the grace of Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah Adam Isa Kalebic in our custom-made baju kurung in intricately woven tenunan Brunei, as she embraces elegance during her Khatam Quran event,” tulis Teh Firdaus menyertai unggahan penampilan Anisha mengenakan hijab saat menjalani Khatam Quran dikutip dari Instagramnya pada Kamis (11/1/2024).

Sementara fotografer Muash Rosman mengunggah penampilan Anisha Rosnah saat menjalani seremoni Berbedak Mandi. “Upacara Berbedak Mandi yang menjadi tontonan megah berlangsung di Istana Nurul Iman, dimana HRH Pangeran ‘Abdul Mateen dan YM Dayang Anisha Rosnah binti Adam dimandikan berkah oleh orang terdekat dan tersayang. Orang tua, saudara kandung, dan orang tua yang terhormat memeriahkan kesempatan penting ini, menyelimuti pasangan yang akan segera menikah dalam aura glamor dan tradisi,” tulisnya dikutip dari Instagram @muash.portfolio pada Kamis (11/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya