SOLOPOS.COM - Pangeran Abdul Mateen. (Instagram @tmski)

Solopos.com, SOLO-Nama Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam kembali jadi sorotan warganet, berikut ini profilnya. Diketahui anak Sultan Brunei itu akan menikahi tunangannya, Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah binti Adam, pada 7 Januari 2024.

Anisha merupakan cucu dari penasihat khusus Sultan, Pehin Dato Awang Isa bin Awang Ibrahim. Wanita ini menduduki jabatan sebagai Penasihat Khusus Sultan dan Menteri di Departemen Perdana Menteri di pemerintahan Brunei.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kemunculannya bersama calon istrinya di Instagram sukses membuat warganet patah hati. “Wishing you all the best for 2024,” demikian bunyi keterangan menyertai unggahan foto tersebut dikutip dari Instagram @tmski pada Rabu (3/1/2024).

“Selamat patah hati di penghujung tahun 2023 yah kalian yg fans banget sama pangeran.. beliau sudah resmi mengunggah pendamping hidupnya..congrats Prince,” tulis @richard*** di kolom komentar.

Profil Pangeran Mateen memiliki nama lengkap Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda ‘Abdul Mateen ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah.

Dia lahir pada 10 Agustus 1991 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Ia merupakan anak ke-10 dan putra ke-4 dari Sultan Hassanal Bolkiah dan mantan istrinya, Datin Paduka Seri Hajah Mariam Hj Abdul Aziz.

Pangeran Mateen merupakan lulusan pendidikan militer di Royal Military Academy Inggris Raya di usia 18 tahun. Setelah lulus pada 2011, ia menjadi letnan di tentara Brunei.

Ia pun pernah memperoleh gelar master dalam diplomasi internasional dari Sekolah Studi Afrika dan Oriental pada 2016 di bidang politik internasional di King’s College London, Inggris.

Pangeran Abdul Mateen juga pernah berlatih di Sekolah Terbang Helikopter Pertahanan di RAF Shawbury, Inggris untuk menjadi pilot helikopter Black Hawk.  Menjadi pilot helikopter profesional, hal ini membuatnya bisa menjabat sebagai mayor di Angkatan Udara Kerajaan Brunei.

Selain di bidang militer, profil Pangeran Abdul Mateen juga terkenal berprestasi dalam segi olahraga. Ia pernah mewakili Brunei Darussalam di kompetisi SEA Games Malaysia pada 2017.

Pangeran Mateen pun banyak dikenal oleh masyarakat di luar Brunei. Selain itu dia juga karena aktif mendampingi sang ayah untuk terjun di dunia diplomatik.

Bahkan saat digelar KTT Asean di Jakarta pada September 2023 lalu, Pangeran Mateen turut hadir mendampingi Sultan Brunei.  Anak Sultan ini juga dikenal memiliki hobi mentereng dan mahal seperti mengoleksi mobil mewah, berkuda, dan bermain golf.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Profil dan Prestasi Pangeran Abdul Mateen, Anak Sultan Brunei yang akan Segera Menikah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya