SOLOPOS.COM - Poster film Siksa Neraka. (Instagram @antennaentertainments)

Solopos.com, SOLO-Film Siksa Neraka dilarang tayang di Malaysia dan Brunei Darussalam, simak sinopsisnya seperti apa. Pelarangan film horor itu diumumkan sendiri oleh Antenna Entertainments melalui Instagram mereka.

“To those who were waiting – Siksa Neraka is banned in Malaysia & Brunei,” demikian bunyi keterangan menyertai unggahan poster film horor tersebut dikutip  dari Instagram @antennaentertainments pada Jumat (12/1/2024).

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Unggahan ini pun mendapatkan banyak komentar warganet. Kebanyakan mempertanyakan alasan pelarangan film besutan sutradara Anggy Umbara itu.

“Kenapa kene banned bagi sebab?” tanya @keithan*** di kolom komentar.

“Ngapain di banned?” tanya @sinum***.

Sebelum tahu sinopsis film Siksa Neraka, ketahui pula sejumlah warganet menebak alasan pelarangan itu terkait dengan penggambaran surga dan neraka di film yang dibintangi Ariyo Wahab tersebut.

“Banned sebab ada larangan melakonkan adegan syurga/neraka mengikut pandangan agamawan. Macam isu dengan telemovie 18 puasa haritu. Ni bukan hal politik ye. Ini hal agama. Syurga/neraka tu jatuh dalam kategori benda ghaib; dan manusia takde siapa pun tahu keadaan sebenar dalam syurga/neraka. Makanya menurut agamawan, tak layak manusia ni nak buat adegan syurga/neraka bimbang akan memberi salah faham kepada orang awam. Begitulah alasannya,” tulis @alicia***.

“Tak layak surga dan neraka divisualkan, sebab syurga dan neraka tak sampai akal manusia mengilustrasikan. Bagus kalau film ini dilarang. Film ini cuma hanya menjadikan agama sebagai product commodity dagang saja,” tulis @jokokelana***.

Terkait penggambaran surga dan neraka di film horor tersebut, Anggy Umbara pernah menjelaskan bahwa penggambaran surga dan neraka tersebut memakai pendekatan di dalam Al-Qur’an.  “Karena tidak ada yang pernah ke neraka, jadi kita pakai pendekatan-pendekatan di Al-Quran semaksimal mungkin untuk memberi gambaran tentang neraka,” kata sang sutradara Anggy Umbara dikutip dari Antara pada Jumat (12/1/2024).

Film ini sendiri tayang di bioskop Indonesia mulai 14 Desember 2023.  Film Siksa Neraka merupakan adaptasi dari komik berjudul sama yakni Siksa Neraka karya M. B. Rahimsyah yang populer di tahun 1980-an. Seperti komiknya, film ini memberikan gambaran siksaan neraka yang didapat para pendosa selama hidup di dunia.

Menariknya, film  ini menghabiskan biaya produksi sekitar Rp5 miliar untuk efek Computer-Generated Imagery atau CGI di dalamnya. Menurut Anggy, film Siksa Neraka adalah film yang paling banyak menghabiskan biaya untuk proses editingnya.

“Visual neraka membutuhkan sentuhan yang detail, karena kami ingin memberikan terapi kejut bagi penonton. Hampir semua siksaan mengerikan di dalam komik, divisualkan ke dalam film. Mungkin yang paling sulit dalam pembuatannya adalah ketika para penghuni neraka dimasukkan dalam lautan lava, serta di dibunuh dan disantap binatang-binatang beracun raksasa,” kata Produser film Dheeraj Kalwani.

Sinopsis film Siksa Neraka mengisahkan tentang empat orang kakak-beradik bernama Saleh (Rizky Fachrel), Fajar (Kiesha Alvaro), Tyas (Ratu Sofya), dan Azizah (Nayla Purnama). Sejak kecil, mereka telah mendengar kisah-kisah mengenai surga dan neraka.  Mereka dididik dengan keras oleh sang ayah  (Ariyo Wahab), seorang ustad muda terpandang di desa tempat mereka tinggal.

Suatu malam, dalam perjalanan menuju desa seberang tanpa sepengetahuan orang tua mereka, Saleh dan adik-adiknya terseret arus sungai yang deras hingga menghilang. Saleh kemudian terbangun di alam yang lain yakni neraka yang selalu dikisahkan ayahnya.

Saat Saleh dan adik-adiknya masuk ke dalam alam neraka, pencarian juga dilakukan di dunia oleh ayah dan ibunya (Astri Nurdin) untuk menemukan anak-anak mereka baik dalam keadaan hidup atau mati.

Selama pencarian berlangsung, satu per satu rahasia pun terungkap, membuat sang orang tua mempertanyakan apakah mereka sudah cukup membekali anak-anaknya dengan pendidikan agama. Di neraka, Saleh dan adik-adiknya pun saling mencari, sambil menghadapi siksaan yang semakin besar atas dosa-dosa yang selama ini mereka sembunyikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya