SOLOPOS.COM - Film Hamka & Siti Raham Vo. 2. (Instagram/buyahamkamovie)

Solopos.com, SOLO – Publik dibuat penasaran dengan sinopsis Hamka & Siti Raham Vol. 2 mengingat film drama ini baru tayang di bioskop pada Kamis (21/12/2023).

Film garapan sutradara Fajar Bustomi ini dibintangi Laudya Cynthia Bella. Dia memerankan sosok Siti Raham, istri dari Buya Hamka. Bella mengatakan film ini bisa memberikan pembelajaran positif dari sosok Buya Hamka, sang jurnalis sekaligus kiai terkemuka di Indonesia.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

“Menurut saya kita bisa belajar di mana saja, kita bisa belajar dari melihat. Jadi, waktunya kita sama-sama belajar dari sosok Buya Hamka dan Siti Raham,” sebut dia, dilansir Antara.

Mengutip sinopsis Hamka & Siti Raham Vol. 2 di laman resmi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, film ini mengisahkan tentang perjuangan sang kiai setelah Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Saat itu, Indonesia mendapatkan ancaman agresi militer kedua dari Belanda dan tentara sekutu.

Berangkat dari kampung halamannya di Padang Panjang, sang Kiai itu kemudian berkeliling ke kota Medan untuk menyebarkan persatuan antara masyarakat, tokoh agama dan militer Indonesia. Hal ini dilakukannya untuk menghindari terjadinya adu domba yang bisa datang dari musuh.

Sebagai informasi, film ini juga dibintangi Vino G Bastian, Anjasmara, Marthino Lio, Bima Azriel, Yoga Pratama, Roy Sungkono, Ajil Ditto, Cita Maharani, Vania Maharani, Resha Putri, Quinsha Malaika, dan masih banyak lagi.

Nahasnya, usahanya tersebut membuat dirinya tertembak saat Ia berusaha menyatukan peperangan sesama warga Indonesia saat itu. Beruntung ia berhasil selamat usai terkena tembakan.

Atas jasa-jasanya, Ia kemudian dipindahkan ke Jakarta. Namun, cobaan kembali datang menerpanya. Ia dituduh terlibat pemberontakan melawan Soekarno. Ia lantas ditangkap dan ditahan dalam penjara.

Dalam sinopsis Hamka & Siti Raham Vol. 2 ini, meski dipenjara, ia memutuskan melanjutkan kitab tafsir Al-Ahzar atas permintaan istrinya sebelum Ia dipenjara. Kitab tersebut akhirnya menjadi karya terbesarnya. Buku ini pun menjadi buku paling berpengaruh dalam pendidikan Islam.

Tidak hanya itu, dalam film ini juga digambarkan kisah romansa antara Buya Hamka dan istrinya, Siti Raham. Bagaimana Siti Raham mendukung dan mendedikasikan hidupnya untuk merawat dan mendampingi Hamka hingga ia harus berpulang terlebih dahulu meninggalkan suami yang sangat dicintainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya